Pages

Monday, November 16, 2015

Strategi manajemen

Strategi manajemen atau manajemen strategis adalah keterampilan (seni), teknik, dan ilmu pengetahuan dalam merumuskan, melaksanakan, dan mengevaluasii serta mengawasi berbagai keputusan dari organisasi fungsional (bisnis perusahaan atau non-bisnis) selalu dipengaruhi oleh lingkungan eksternal dan kondisi internal selalu berubah sehingga dapat memberikan kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuan atau tujuan yang telah ditetapkan.
strategi manajemen
Strategi manajemen



Proses Manajemen Strategis

Berdasarkan definisi di atas dari Manajemen Strategis, Manajemen Strategis mencakup proses-proses dalam beberapa tahap: Observasi Lingkungan, Perumusan Strategi, Impelmentasi Strategi, Strategi Evaluasi

Perumusan Manajemen Strategis

Perumusan manajemen strategi perusahaan dapat mencakup pengembangan misi bisnis, mengidentifikasi peluang baru dan ancaman eksternal, mengukur dan menetapkan kelemahan internal dan kekuatan, menetapkan tujuan jangka panjang, berat alternatif, dan memilih strategi khusus yang akan diterapkan untuk kasus-kasus tertentu

Cakupan perumusan strategi termasuk objek baru yang akan dilakukan, obyek bisnis yang akan ditingggalkan, mengalokasikan sumber daya baik keuangan atau non-keuangan, untuk memutuskan apakah kita memerlukan kegiatan pembangunan atau diversifikasi produk, memutuskan pasar domestik atau internasional, dibutuhkan merger atau akuisisi atau tidak, menghindar dari akuisisi perusahaan oleh perusahaan saingan. karena tidak ada perusahaan memiliki sumber daya terbatas, maka strategi harus memiliki keberanian untuk memutuskan strategi alternatif yang dapat memiliki dampak positif yang terbaik dalam rangka memberikan manfaat yang maksimal bagi perusahaan. Strategi harus memberikan keunggulan komparatif dan akhirnya dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang, itu harus penting bagi strategi manajemen.

Menerapkan Strategi

Sering disebut sebagai tahap kegiatan manajemen strategis. Dalam tahap ini menerapkan strategi ini perusahaan menetapkan tujuan perusahaan tahunan atau tujuan, merumuskan kebijakan, karyawan termotivasi dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi telah disiapkan untuk menjalankan. Penerapan strategi ini meliputi budaya mendukungg perusahaan pengembangan, menyiapkan anggaran, memanfaatkan sistem informasi, memotivasi sumber daya manusia dalam rangka ingin menjalankan dan bekerja sebaik mungkin. Implementasi strategi membutuhkan disiplin dan kinerja tinggi serta balasan yang cukup.

Mengevaluasi dan Monitoring Strategi

Evaluasi dan strategi Pemantauan adalah tahap akhir dalam proses manajemen strategis. seluruh strategi moditifikasi subjek di masa depan, karena berbagai faktor eksternal dan internal akan terus mengalami perubahan.

Strategi evaluasi mencakup beberapa hal:
Meninjau faktor eksternal dan internal yang merupakan dasar untuk strategi apapun yang dieksekusi
Mengukur kinerja yang telah berjalan
Mengambil tindakan korektif dalam kasus ketidakpatuhan

Evaluasi strategi ini diperlukan bagi perusahaan sebagai keberhasilan usaha yang dicapai saat ini tidak akan berhasil di masa depan. Seringkali keberhasilan bisnis pada saat ini dapat membawa masalah baru dan berbeda. Jadi bahkan jika kegagalan, maka isu-isu baru muncul dan harus dihadapi dalam rangka untuk menghidupkan kembali kegiatan usaha yang gagal

Dalam perusahaan besar, proses perumusan (formulasi) strategi, implementasi, evaluasi dan strategi pengawsan ada tiga tingkat hirarki, tingkat tingkat korporasi, divisi dan fungsional.

Prinsip Manajemen Strategis

Prinsip Manajemen Strategis dibagi menjadi:
Merembes Perencanaan Strategis (menembus), semua manajer di berbagai divisi harus belajar untuk berpikir secara strategis, semua tingkat manajerial akan terlibat dalam pengelolaan strategi khusus dalam berbagai cara. masing-masing pola dan cara memakai yang berbeda tapi masih mengarah ke target yang sama, tujuan yang ditetapkan
Perencanaan yang komprehensif, niat berencana berdasarkan kebutuhan dan pengembangan bisnis, tidak dibuat dengan asal acak

Proses kompenen Manajemen Strategis

Ada beberapa komponen dalam proses manajemen strategi, termasuk:
Misi Organisasi (perusahaan), deskripsi tujuan dari keberadaan perusahaan. Misi ini termasuk jenis, lingkup dan karakteristik tindakan yang akan dieksekusi
Tujuannya, tujuannya adalah hasil akhir dari suatu kegiatan. di sini akan dikonfirmasikan ayang akan memahami apa, kapan, dan bagaimana yang harus dicpai.
Strategi, keterampilan atau pengetahuan dalam memenangkan sebuah kompetisi. persaingan perebutan konsumen (pangsa pasar) dan konsumen akan diubah setiap saat, strategi harus dikelola sedemikian rupa sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai
Kebijakan, kebijakan tersebut adalah cara untuk mencapai tujuan perusahaan. kebijakan mencakup pedoman, aturan dan prosedur untuk mendukung pencapaian tujuan bisnis atau tujuan yang telah ditetapkan
Profil perusahaan, menggambarkan kondisi baik keuangan sumber perusahaan, manusia (SDM) dan sumber daya lainnya fisik.
Lingkungan eksternal, seluruh kekuatan akan berdampak pada pilihan strategi dan mendefinisikan kondisi persaingan
Lingkungan internal, lingkungan internal meliputi semua unsur yang terkandung dalam bisnis perusahaan
Analisis Strategi dan pilihan, itu ditujukan pada keputusan investasi untuk masa depan
Strategi fitur, rencana umum dan komprhensif semua kegiatan utama yang ditujukan untuk mencapai tujuan dalam lingkungan yang dinamis
Strategi fungsional, adalah penjabaran dari strategi umum yang akan dijalankan oleh divisi

Landasan dasar untuk Strategi Manajemen

Manajer strategi harus mampu menganalisis fungsi utama dari bisnis yang ada dan memahami bagaimana hal itu mempengaruhi proses manajemen strategi dan tahu bagaimana mengintegrasikannya. Hubungan manfaat dengan proses manajemen strategi fungsi bisnis tidak dapat diabaikan. Secara umum, ada tiga fungsi utama binis:
Fungsi Produksi
Fungsi pemasaran
Fungsi keuangan

Selain di atas ada tiga fungsi lain seperti SDM (sumber daya manusia), penelitian dan pengembangan, serta hubungannya dengan masyarakat. semua fungsi memiliki pengaruh langsung pada pengaruh yang sangat besar pada Manajemen Strategi
Google Translate untuk Bisnis:
Google Translate for Business: